Chiki's Song

Kamis, November 17, 2011

Parttime or Fulltime ? It's your choice

Istilah “Kristen Parttime” mungkin asing di telinga kita. Sesuai dengan arti kata “parttime”, yaitu paruh waktu, maka pikiran kita tentang “Kristen Parttime” biasanya langsung tertuju kepada orang Kristen yang jarang ke gereja. Pikiran kita terarah kepada orang Kristen yang hanya datang ke gereja dua kali setahun, waktu Natal dan Paskah saja. Atau kepada orang Kristen yang lebih mementingkan rekreasi atau pekerjaan di hari Minggu daripada datang ke gereja. Namun, pikiran itu terlalu sempit. “Kristen Parttime” lebih dari sekadar sering tidak datang ke gereja. Beberapa ayat ini akan menolong kita memahami arti “Kristen Parttime” yang sesungguhnya.


Lukas 9:23 -> Pada ayat ini dijelaskan tentang kelayakan seseorang untuk mengikut Tuhan. Salah satu syaratnya adalah memikul salibnya setiap hari. Memikul salib berbicara masalah kerelaan menderita karena imannya kepada Yesus. Adakalanya penderitaan itu datang dari orang-orang terdekat dan “menyerang” sepanjang hari. Ketika kita mengeluh, menggerutu atau bahkan menyalahkan Tuhan saat menderita karena imannya, sekalipun hal itu hanya dilakukan sehari saja, maka sesungguhnya kita sudah menjadi orang “Kristen Parttime”.


1 Tesalonika 5:17 -> Pada ayat ini Paulus menegaskan supaya orang Kristen tetap berdoa. Tetap berdoa sama artinya dengan tiada berhenti berdoa. Bukan berarti setiap detik kita harus berdoa, ini adalah istilah untuk hubungan ketergantungan dan komunikasi yang tiada putus kepada Tuhan. Ketika masalah datang dan kita mulai tidak bergantung pada Tuhan, ketika merasa sudah mandiri dan tidak lagi bergantung pada Tuhan = orang Kristen Parttime !


Kolose 3:23 -> Di ayat ini Paulus menegaskan supaya orang Kristen melakukan aktivitas kehidupannya dengan tujuan untuk memuliakan Tuhan dengan segenap hati. Perhatikan, betapa mudahnya orang Kristen jatuh dalam sikap meremehkan pelayanan, betapa mudahnya bekerja dengan setengah hati hingga hasil tak maksimal, bahkan tidak menghargai posisinya sebagai ayah/ibu/anak. Semua sikap tersebut menunjukan orang Kristen Parttime !


Sekalipun kita rajin ke gereja, kita bisa jadi orang Kristen Parttime ketika kita tidak sepenuh hati mengikut Tuhan, bahkan ketika kita tidak melayani dengan sungguh” seperti untuk Tuhan. Mari berusaha jadi orang “Kristen Fulltime” ^^

Gbu all…. ^o^/


From: ManSor ^^

Tidak ada komentar: